EUPHORIA! WWIM13 SurakERTHA


SURAKARTA – Antusias masyarakat pengguna instagram (sebut saja instagramers atau igers) khususnya diIndonesia sekarang ini terhadap akun jejaring sosial mulai marak. Kembali! event yang diselenggarakan oleh pengguna akun instagram seluruh dunia, bernama World Wide InstaMeet atau biasa disingkat dengan WWIM  ini merupakan kegiatan rutin dalam setahun diselenggarakan dua kali. Euphoria massa acara tahunan ini diselenggarakan enam bulan sekali serentak didunia,  tujuan WWIM yaitu Insta Meet secara terminologi berarti Instagram MeetUp yang merupakan sebuah kegiatan gathering atau meet up antar-Igers yang rutin dilakukan oleh komunitas mobile photography di Indonesia. 
Indonesia salah satu negara pengguna situs media sosial yang secara aktif juga meramaikan acara tahunan ini, sebagai tujuan untuk menjalin hubungan antar seluruh komunitas Igers diIndonesia yang berasal dari berbagai kota ataupun berbagai aliran minat seperti adventure, travelling, foodies, human interest, nature, black and white (BW), minimalist, urban, street dan lain sebagainya.
Kota Surakarta (24/3) salah satunya, kembali merayakan acara WWIM ke 13 ini dengan mengusung tema “Earth Day” untuk memperingati hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2016 disambut meriah oleh pengguna Igers se-Solo raya, puncak acara diselenggarakan diBukit Seribu, Bulu, Sukoharjo, yang merupakan salah satu obyek wisata Sukoharjo ini berhasil memukau para igers soloraya. Terbukti jumlah yang kurang lebih ada 109 peserta ini, secara aktif meramaikan acara WWIM13, salah satu peserta yang aktif mengikuti acara tahunan WWIM. Rizal Pradana (IG: @RizalPradana) mengatakan “Saya sangat antusias mengikuti acara WWIM ini, WWIM12 dan WWIM sebelumnya saya ikut. Setiap WWIM ada tempat yang saya eksplore dan teman-teman Igers, sebelumnya WWIM12 diParalayang, Karanganyar dan sekarang diBukit Seribu, Bulu, Sukoharjo. Setiap acara WWIM mempunyai kesan tersendiri, bagi saya WWIM13 ini seru! Ditambah lagi solidaritas antar sesama sangat tinggi! Meski menaiki bukit yang terbilang cukup tinggi dan cuaca panas, teman-teman Igers se-Solo raya berhasil mencapai puncak bersama! Dan ada marchendisenya pula!”.
Selain, mendapat teman-teman baru yang tentunya memiliki kegemaran sama, juga mendapat hadiah dari sponsor yang turut andil meramaikan acara dikota Solo ini. “Kalo masalah sponsor enggak susah sih nyarinya, kita juga enggak ada target harus dapat sponsor berapa dan bagaimana, acara jalan aja.. dan alhamdulillah lebih sering sponsor yang menghubungi kita”. Ida Femianti (IG: @Sutrisnoputri) ketua Pelaksana WWIM 13 Surakarta ini, selain aktif menjabat sebagai ketua pelaksana WWIM sejak WWIM11-hingga sekarang, adalah mahasiswi jurusan Analisis Kesehatan Nasional disalah satu Akademi analisis kesehehatan di Solo ini mengungkapkan, sejarah yang mendasari dirinya sebagai ketua pelaksana WWIM ini diangkat oleh para Igers Surakarta, bermula keinginan para pengguna Igers menginginkan mengadakan event WWIM seperti dijogja. “Karena Solo mempunyai banyak tempat hunting seru, maka diangkatlah kenekatan kita untuk mengadakan WWIM11 pertama kali dan  alhamdulillah jumlah pesertanya lumayan banyak, sponsor pun membanjiri” ujar mbak Ida. Ditambah lagi “next time WWIM akan diangkat tema sesuai dengan permintaan akun pemilik Instagram itu sendiri”.
 Panitia WWIM13Surakarta yang lain berhasil penulis wawancarai, seorang wanita yang gemar berpetualang ini bernama Risa Febri Pangestuti (IG: @sotoygrapher) memiliki panggilan kesayangan Sasa, oleh rekan-rekan Igers seSolo raya. Sasa merupakan mahasiswi dari jurusan Farmasi disalah satu Universitas Swasta, berhasil menjadi panitia tahunan WWIM11 hingga WWIM13 sekarang ini. Sasa dan rekan panitianya berhasil merayakan acara WWIM13 SurakERTHA diBukit Seribu, Bulu, Sukoharjo dengan tujuan untuk merayakan hari Bumi dan juga diharapkan pengguna instagram dapat menunjukkan partisipasinya dalam mencintai alam disekitar kita. Tuturnya  “Untuk respon peserta asik-asik aja, capek pasti karena WWIM13 medan yang paling berat selama ini. Biasanya sampai lokasi tinggal parkir dan udah bisa hunting. Untuk pengalaman mereka pada seneng aja, bahkan mereka bilang enggak kapok! Buktinya ada peserta langganan WWIM11 masih ikut, berarti mereka enggak kapok padahal WWIM11 lumayan melelahkan” tutur Sasa, yang kini populer  dengan hastag #AkuBocaheSasa dikalangan Igers Solo raya.
Peserta yang mengikuti WWIM13Surakarta mulai dari remaja hingga dewasa ini, sangat antusias.
Sejarah WWIM ini diadakan pertama kali di Bali pada tanggal 29 Juni 2013, dan diikuti 25 pengguna Igers yang berasal dari empat kota (Bali, Jakarta, Bandung dan Makassar). Sasa menambahkan, tujuan diadakannya Instameet ini “Untuk berdiskusi mengenai fotografi, eksplore tempat baru, dapet temen baru didunia nyata dan juga dari sinikita bisa lebih deket tanpa harus ada WWIM, kita bisa bertemu dilain waktu juga”
Di luar jadwal rutin juga mempunyai satu agenda global bernama WWIM atau World Wide Insta Meet, di mana acara ini agenda Instameet yang juga diadakan secara serentak di seluruh dunia pada tanggal yang sama. WWIM telah diselenggarakan sebanyak 11 kali, sedangkan Instameet Indonesia telah menyelenggarakan sebanyak sembilan kali dan diakui sebagai penyelenggara Instameet terbesar di dunia yang diselenggarakan di 54 kota secara serentak antara lain Jakarta, Gresik, Pontianak, Banten, Semarang, Medan, Surabaya, Tenggarong, Jombang, Jember, Manado, Bekasi, Balikpapan, Yogyakarta, Banjarmasin, Pekalongan, Solo, Padang, Makassar, Cirebon, Aceh, Tanjung Pinang, Malang, Tegal, Tasikmalaya, Pemalang, Samarinda, Banyumas, Sukabumi, Batam, Bali, Palu, Bandung, Pekanbaru, Majalengka, Lampung, Kendari, Indramayu, Depok, Madiun, Palembang, Bogor, Ternate, Bontang, Lombok, Dumai, Tuban, Cikarang, Jambi, Ponorogo, Temanggung, Ketapang, Palangkaraya, dan Flores.  Dari sekian banyak kota yang mengadakan Instameet, mereka tidak ada waktu yang spesifik untuk mengadakan Instameet. Namun, pada umumnya diadakan pada akhir pekan dan setiap minggu diadakan secara rutin oleh berbagai kota, jadi pada dasarnya setiap minggu pasti ada Instameet. 
Hastag yang meramaikan WWIM13 SurakERTHA
 #wwim13
#LifeOnEarthWWIM13
#MyEarthAction
#wwim13earth
 #wwim13SurakErtha
#instameetIndonesia
#instameetSKA
#eksploreKotaSolo
#eksploresukoharjo
#igerspelajarSolo
#urbexpeoplesoc
 #wwim13Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar

[ terimakasih, sudah membaca seikat kalimat...]