Reproduksi Abstrak (Tugas Portofolio Membaca Komprehensif)




ABSTRAK
PENINGKATAN KOMPETENSI PEMAHAMAN PUISI
PESERTA DIDIK KELAS VII
SMP NEGERI 1 PACITAN KABUPATEN PACITAN
TAHUN AJARAN 2008/2009

Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui tindakan-tindakan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Pacitan (2) meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran memahami puisi, membaca puisi dan makna yang terkandung dalam puisi. Dalam meningkatkan kompetensi dalam penelitian ini menggunakan metode tindak tutur sebaya sesuai tingkat kelas yang sama dan mengetahui kemampuan pemahaman puisi peserta didik kelas VII selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode tutur sebaya kelompok.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pacitan, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Tahun pelajaran 2008/2009. Alasan peneliti melakukan penelitian di Sekolah ini, karena merupakan Sekolah Menengah di Pacitan yang paling berkualitas diantara empat Sekolah Menengah di kabupaten Pacitan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observising), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan empat tahapan, antara tahapan satu dengan yang lain merupakan hubungan dari penelitian diperoleh hasil keaktifan peserta didik selama pembelajaran berlangsung dan pengamatan sikap peserta didik selama proses pembelajaran pemahaman puisi melalui kreativitas peserta didik dalam menghasilkan kata-kata puitis dan menentukan makna puisi.
Pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara,  dokumentasi, metode catatan lapangan dan praktik membaca puisi. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan keaktifan peserta didik bertanya, menemukan ide dan tukar pendapat antar teman sebaya dengan menggunakan metode tutor sebaya dalam kelompok, meningkatkan pembelajaran aktif dan menarik. Peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami puisi, membaca puisi dan mencari makna puisi akan menghasilkan evaluasi terhadap evaluasi terhadap hasil kelas sebelum dan sesudah penelitian selesai.

Kata kunci :
Peningkatan, Pemahaman Puisi, Teman Sebaya.

1 komentar:

  1. tugasnya bagus, blognya juga keren....tingkatkan trus kreativitasmu.....jgn mau dijadikan korban PHP *u must move on*

    BalasHapus

[ terimakasih, sudah membaca seikat kalimat...]